Halloween party ideas 2015

foto oleh afdhal fauzy
Konflik antar-warga masih melanda masyarakat Indonesia. Ada-ada saja penyebabnya. Mulai dari masalah sosial, politik, ekonomi, perbatasan, intoleransi, dan sebagainya. 

Daerah yang sering terjadi konflik adalah Poso, Lampung, dan Papua. Di ketiga daerah ini, masyarakatnya merasa tidak aman. Bukan berarti di daerah lain aman. Konflik juga melanda daerah lain. Hanya saja frekuensinya tidak sebesar ketiga daerah ini.

Poso kembali bergejolak. Padahal belum lama ini terjadi konflik. Akar konflik di sini agak rumit. Ada yang bilang di sinilah sarang teroris. Ada juga yang mengatakan di sini rawan provokasi. Ada yang tidak suka keragaman budaya dan agama.

Demikian juga dengan Lampung. Di sini ada keragaman suku dan agama. Ada yang iri dengan keberhasilan pendatang. Gara-gara masalah kecil, emosional massa tersulut. Letuslah konflik besar.

Di Papua masalahnya sering dikaitkan dengan kehadiran Freeport. Pertanyaan yang sering dilontarkan adalah mengapa rakyat Papua masih miskin sementara daerah mereka kaya tambang dan busaya serta pariwisata?

Jangan-jangan kekayaan tambang itu dikeruk sebesarnya oelh pihak asing dan pemerintah pusat. Rakyat tidak puas dengan semua ini akhirnya meletuslah konflik berkepanjangan. Tiada akhir.

Kapankah rakyat kita merasa aman???

PA, 21/12/12
Gordi

*Pernah dimuat di blog kompasiana apda 21/12/12

Post a Comment

Powered by Blogger.