Halloween party ideas 2015


Ada satu kesalahan besar di kompasiana. Ini bukan dari sudut kompasiana. Tetapi, dari kompasioner. Dan, bukan semuanya. Hanya segelintir. Termasuk saya.

Saya seringkali sulit menentukan jenis kelamin teman kompasioner. Karena fotonya yang bukan asli, atau foto benda tertentu (bunga, garuda, dsb), juga karena namanya.

Saya juga dulu pernah memakai foto benda dan bukan foto saya sendiri. Saya memakai foto tumpukan bulatan pink. Entah apa namanya. Saya mengambil dari google. Gambar itu menarik sehingga saya memakainya.

Beberapa teman memanggil saya mbak. Entah dari mana mereka melihatnya. Dari gambar? Dari nama? Mungkin saja.

Lalu saya menjelaskan saya ini mas lho. Jawaban dalam komentar. Sebulan kemudian saya memakai gambar asli saya. Jadi jelas, saya ini mas dan bukan mbak.

Boleh jadi panggilan itu dari nama. Nama saya sebenarnya netral. Ada yang mas ada juga yang mbak. Apalagi saya hanya memakai nama satu kata saja. Nama saya memang unik. Tidak banyak yang memakai nama itu. Saya bangga dengan keunikan saya.

Kemarin, tepatnya semalam, saya juga buat kesalahan. Saya memanggil mas untuk seorang kompasioner karena namanya ada kata ‘om’ (diedit). Saya betul-betul tidak melihat gambar profilnya. Di gambar itu ada foto kompasioner itu. Dan, teman itu yang menyadarkan saya. Dia itu bukan mas tapi mbak. Wah....saya disadarkan. Saya cek fotonya dan benar dia mbak. Saya mohon maaf padanya. Dan, dia terima.

Pelajaran dari pengalaman ini adalah pentingnya mengecek silang. Jangan hanya menafsir dari nama atau dari foto saja. Mesti cek gambar fotonya. Nama bisa mengecoh. Dan foto juga bisa mengecoh. Mas pakai foto mbak. Dan sebaliknya.

Kalau soal nama lain perkara. Nama sekarang ini sulit ditafsir mas atau mbak. Kadang-kadang nama cewek dipakai cowok. Nama cowok dipakai cewek.

Yang bagusnya adalah memakai nama asli sekaligus foto asli. Jadi jelas jenis kelaminnya. Dan, orang lain tahu. Tidak menerka. Dan jangan menerka. Mesti dicek.

Ini kesalahan atau mungkin kekeliruan terbesar saya di kompasiana. Boleh jadi kesalahan lain. Untuk hari ini cukup yang ini.

Salam kompasiana.

PA, 26/2/13

Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.