Halloween party ideas 2015

Aku diam. Diam dalam keseharianku. Aku diam bukan karena aku tidak melakukan apa-apa. Aku diam karena aku sedang bekerja. Dalam diam, aku memikirkan diriku. Aneh tetapi nyata. Aku memikirkan diri dan tidak ada yang tahu apa yang aku pikirkan. Aku berpkikir tentang diri. Dan, kalian akan tahu karena aku memberitahu kalian bahwa aku memikirkan diriku.

Tidak kelihatan bahwa aku sedang berpikir tentang diriku. Memang benar. Yang kelihatan hanya aku yang diam. Dan, memang dalam diam aku berpikir. Diam ini mau mengatakan bahwa aku sedang berpikir. Aku tidak sedang dalam keadaan diam total. Fisikku tampak diam tetapi pikiranku sedang bekerja. Pikiran memang bekerja melampaui fisik. Pikiran bekerja termasuk ketika fisik diam. Dalam fisik yang diam pikiran bekerja. Dan dalam fisik yang bekerja juga pikiran tetap akan bekerja. Pikiran berhenti bekerja saat tidur. Tidur menjadi saat yang baik untuk mendiamkan fisik dan mendiamkan pikiran.

Kali ini aku memang diam. Aku ingin memikirkan diriku. Aku bosan membicarakan diri kalian. Selama ini aku terlalu banyak membicarakan, menghakimi, memuji, mengangkat, mencela diri kalian. Diri kalian aku kupas dalam sudut negatif dan positif. Dan, mudah sekali emnghakimi dan emmuji diri kalian. Aku punya senjata untuk menghakimi kalian. Kali ini, aku ingin melihat diriku. Terlalu mudah melihat kalian tetapi terlalu sulit melihat diriku. Aku terlalu fokus melihat kalian dan lupa melihat diriku.

Kali ini, aku ingin mengarahkan senjata perhatianku pada diriku sendiri. Aku ingin tahu seberapa jauh perkembangan diriku saat ini. Sekaligus juga aku ingin mengalihkan perhatian untuk menghakimi dan memuji diriku sendiri. Aku tidak mau lagi menghakimi dan memuji kalian. Aku ingin menghakimi diriku. Dengan menghakimi, aku tahu kelemahanku. Aku ingin memperbaiki kelemahanku. Ada yang sulit kuhilangkan tetapi aku bertekad untuk mengatasi kelemahan ini.

Semua ini aku kerjakan dalam diam. Dalam diam, aku mengerjakan banyak hal. Salam diam sejenak.

Yogyakarta, 22/6/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.