Halloween party ideas 2015


Manusia merupakan satu-satunya makhluk yang bisa melampaui kemanusiaannya. Jika kemanusiaan manusia terwujud dalam fisik maka manusia bisa melampaui yang fisik itu. Manusia punya pikiran yang bisa melampaui fisiknya.

Pikiran manusia ini mengarahkan manusia untuk bertindak. Entah ke arah yang baik atau ke arah yang buruk. Dua-duanya sama kuat. Tinggal saja manusia memilih. Mau mencuri uang nenek atau menyelamatkan nenek yang tertimpa sepeda motor.

Akhir-akhir ini kita menganga melihat peristiwa kriminal di beberapa kota. Motifnya sederhana. Demi memperoleh hp dan sepeda motor. Dua benda ini akan dijual sehingga memperoleh uang. Tetapi untuk itu, manusianya harus dihasbiskan. Dimatikan! Tak perlu dibiarkan hidup. Padahal bisa saja memilih biarkan dia hidup dan mengambil hp dan motornya.

Di sini tampak sekali kekuatan pikiran manusia. Pikiran yang mengarahkannya untuk bertindak. Manusia melampaui fisiknya untuk memperoleh yang material. Padahal manusia lebih berharga daripada materi yang ada padannya.

Ketika manusia melampaui fisiknya dia bisa saja menghabiskan nyawa sesamanya. Ini bahaya. Dan, ini gejala yang perlu diwaspadai. Benar bahwa semua manusia mempunyai gejolak ke sana. Tetapi tidak semata-mata bahwa kita menuruti gejolak itu. Kita bisa memilih untuk menolaknya. Ketika kita memilih untuk menurutinya, di situlah kita terjerumus dalam pelampauan diri yang negatif.

Tak ada manusia yang sempurna. Manusia berusaha tahap demi tahap untuk menyempurnakan dirinya. Meskipun pada akhirnya kesempurnaan itu hanya berwujud dalam ketidaksempurnaan. Karena bukan manusia lagi kalau dia sempurna. Di dunia ini tidak ada kesempurnaan itu. Maka, kesempurnaan itu hanya ada dalam ketidaksempurnaan manusia di dunia.

Obral ide malam-malam. Sudah lama tidak berpikir abstrak seperti ini. Ada kerinduan untuk mengarahkan otak ini memikirkan yang rumit seperti ini. Tetapi benarkah tulisan ini rumit? Saya tunggu jawabannya dari pembaca.

PA, 6/3/13

Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.