Halloween party ideas 2015

Berkeringat. Ada yang jijik dengan keirngat padahal keringat adalah tanda orang sehat. Orang yang tidak berkeirngat malah pertanda sakit. Sudah bergerak ke sana kemari tetapi belum berkeringat. Tetapi ada juga yang keringat berlebihan. Gerak sedikit saja pasti berkeringat. Apa pun yang terjadi, yang jelas, berkeringat adalah tanda orang sehat.

Tetapi bukan orang sehat saja yang berkeringat. Orang sakit juga berkeringat. Bagi orang sakit, berkeirngat adalah tanda bahwa dia benar-benar sakit dan membutuhkan pertolongan. Jadi, berkeirngat itu bisa menjadi tanda orang sehat dan juga tanda orang sakit.

Untuk mereka yang tinggal di daerah dingin, berkeringat itu perlu. Keirngat menjadi penghangat tubuh. Mereka sudah menjadi dingin karena suhu maka mereka harus kreatif mencari kehangatan tubuh. Berolahraga, jalan cepat, jalan santai, berlari, bermain voli, futsal, sepakbola, bulu tangkis, dan sebagainya. Semua yang memicu keluarnya keirngat. Keringat menjadi tanda tubuh sedang mengeluarkan banyak energi.

Untuk yang tinggal di daerah panas, tidak susah berkeringat. Tanpa bergerak pun sudah berkeringat. Tetapi, ini tidak menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Keringat dari hasil gerak tubuh atau olahraga adalah keringat yang sehat. Beda dengan keringat yang keluar dengan sendirinya karena suhu panas. Keringat seperti ini tidak beda dengan keringat orang sakit. Dia tidur pun keringat tetap keluar. Keringat menjadi tanda bahwa tubuh sedang tidak sehat.

Betapa pun keringat itu pertanda orang sehat, ada yang tidak suka berkeringat. Ada yang jijik melihat keirngat. Mungkin karena itu, mereka enggan beraktivitas untuk berkeringat. Tidak mau bekerja keras secara fisik sampai berkeringat. Bahkan tidak mau kena panas. Maunya ber-AC. Dari rumah, mobil, lalu kantor. Kapan berlahraga di alam bebas. Tidak pernah atau bahkan jarang.

Padahal olahraga di alam bebas menyehatkan. Ada pergantian udara yang masuk paru-paru. Dan, jika berolahraga di alam bebas, keringat keluar dengan sendirinya. Keringat yang menjadi tanda jijik itu justru menjadi pertanda bahwa tubuh sedang sehat dan menyatu dengan alam yang juga memberi kesegaran pada manusia. Keringat, betapa pun engkau tidak diinginkan, aku tetap menginginkanmu. Betapa aku merasa segar setelah berkeringat. Dan, ini adalah imbas dari keringat yang mengucur tubuhku sehabis futsal mtadi sore.

Jakarta, 4/7/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.