Halloween party ideas 2015

foto ilustrasi oleh konyeel
Dengan bergabung di blog kompasiana, rutinitas saya bertambah. Biasanya kalau membuka internet hanya facebook-an, mengecek email, mencari sumber tambahan untuk bahan kuliah, dan sebagainya. Untuk tugas ini, saya hanya perlu waktu 1-2 kali dalam seminggu. Sebelum membuka internet, saya mencatat keperluan yang akan dicari di internet. Atau juga bahan-bahan yang akan dikirim lewat email ke teman-teman dan dosen. Namun, kalau ada tugas mendadak bisa lebih dari 2 kali. Biasanya, saya mengecek email di kampus, kebetulan ada internet gratis.

Sekarang, tugas itu bertambah. Saya membuat tulisan dan memasukannya ke blog kompasiana. Lumayan untuk mengembangkan hobi dan juga menimba pengalaman baru. Selain itu, kesibukan yang bermanfaat bagi masa depan saya bertambah. Kegiatan yang sekadar membuang waktu berkurang.

Saya teringat akan kata-kata seorang dosen. Dia tinggal di Depok dan harus naik kereta ke Jakarta setiap hari Jumat pagi. Katanya, dia sering membaca dalam kereta. Namun, bukan membaca koran. Biasanya membaca koran di kereta mengasyikkan bagi mereka yang haus informasi dan berita. Koran dalam kereta bagi dia adalah tulisan mahasiwa. Dia mengecek tugas mahasiswa di kereta.

Tidak salah kalau tulisan teman-teman di blog kompasiana menjadi bahan bacaan saya. Ada banyak pilihan. Misalnya, Berita, Politik, Humaniora, Ekonomi, Hiburan, Olahraga, Lifestyle, Wisata, Kesehatan, Tekno, Media, Green, Lipsus, fiksiana, dan Freez.Biasanya sekali membuka kompasana, saya membaca 4-5 tulisan. Di tiap kolom yang diberikan, ada tulisan yang menarik. Tulisan itu menjadi pilihan saya. Selain menarik, tulisan itu bisa menjadi sumber tulisan, sumber tambahan makalah kuliah, dan sebagainya.

Tentu tidak semua tulisan bisa dijadikan sumber tambahan untuk makalah. Tetapi, saya yakin banyak di antara kompasioner yang menulis dengan runut, jujur, lengkap dengan sumber akurat jika itu tulisan ilmiah,  dan bermotif berbagi pengalaman dan pengetahuan. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang menyumbangkan tulisannya di blog ini. Saya mendapat banyak pelajaran berharga dari blog ini. Selamat untuk para kompasioner.

Cempaka Putih, 26/11/2011
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.