Halloween party ideas 2015

foto oleh Adith76
Merdeka dengan Makan Nasi Goreng

Hari ini 17 Agustus 2014, hari raya kemerdekaan Republik Indonesia ke 69. Kami di Parma merayakannya dengan menyediakan makanan khas Indonesia untuk dimakan bersama saat makan siang dan makan malam.

Kami sediakan nasi goreng untuk makan siang. Sedangkan makan malam kue tar alias torta dalam bahasa Italia dan mie hun. Mungkin saya keliru menulis namanya. Saya agak lupa.

Kedua makanan ini dicicipi oleh anggota komunitas yang sebagian besar adalah orang Italia namun pernah hidup di berbagai negara di 4 benua, Afrika, Asia, Amerika Latin dan Eropa. Juga oleh kami, 4 orang dari Indonesia, teman-teman dari Meksiko, Brasil, dan Peru. Teman-teman dari Afrika, Kongo dan Kamerun.
Enak tentunya. Kami menyiapkan ini dari hati yang tulus. Ini tanda bahwa kami dengan bebeas-merdeka menyiapkannya serta menghidangkannya kepada konfrater sekalian. Saya tidak berpartisipasi penuh dalam persiapannya. Saya dapat tugas untuk membagikan la torta kepada konfraterku yang dduduk di 14 meja makan.

Lumayan kan?? Merayakan hari kemerdekaan, jauh dari tanah air, namun jadi dekat dengan makanan.

Selain dengan menyediakan makanan ini, saya juga menulis status di facebook sebagai tanda bahwa saya juga ingin menggaungkan kemerdekaan ini di duni sosial. Tidak panjang. Hanya satu paragraf. Saya kutipkan saja di sini status saya itu:

DIRGAHAYU RI KE 69, Jangan lupa sawah tempat produksi nasi, yang adalah makanan pokok bangsa Indonesia, bukan gedung mewah dan pusat bisnis, MENJADI MERDEKA kiranya berarti memajukan sawah sebagai ladang sebagian besar masyarakat Indonesia.

Foto di atas adalah inspirasi saya untuk menulis status ini. Dari foto inilah saya menulis. Saya ingat para petani di Indonesia sebab sebagian besar penduduk Indonesia makan nasi. Tentu ada sebagian kecil yang makan sagu, jagung, roti, dan sebagainya. Tetapi dunia internasional mengenal Indonesia sebagai bangsa yang penduduknya makan nasi. Saya sedang mencari di mana saya ambil foto ini kemarin.

Dirgahayu Negeriku, Republik Indonesia

Parma, 17/8/2014
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.