Halloween party ideas 2015

foto oleh billyboy1951
Kematian. Itulah kata akhir dari hidup manusia. Tetapi benarkah kematian menjadi akhir dari hidup? Jawabannya tentu saja Ya. Kenyataannya demikian. Kalau mati berarti tidak hidup lagi. Ini hanya pembalikan atau perlawanan saja, mati= bukan hidup.

Tetapi ada juga yang memaknai kematian sebagai awal dari hidup baru. Ini soal keyakinan saja. Kalau pun itu benar, ada kehidupan, pastinya hidup itu beda dengan hidup yang sekarang, di dunia ini. Kehidupan di situ pasti beda dengan kehidupan fisik di dunia.

Mati menjadi tanda berakhirnya hidup. Setelah mati, orang akan mengenang jasa orang yang mati itu. Kebiasannya, tutur katanya, kesenangannya, kelucuannya, kejelekannya, dan sebagainya. Semuanya dikenang, semuanya juga menjadi sedih.

Kematian menjadi harga mati bagi setiap manusia. Hanya soal waktu saja. Semuanya mendapat bagian, tak bisa terelakkan. Kuasa mana pun tak bisa membuat manusia tetap hidup selamanya.
***
Tulisan ini dipersembahkan untuk ayah dari teman saya yang baru saja meninggal. Saya tak melihat orangnya. Tetapi sudah mendengar cerita tentang dia. Langsung dari anaknya, yakni teman saya itu.

Meski saya tidak mengenal beliau, saya merasakan kesedihan. Terbayang bagaimana keadaan teman saya. tentu dia sedih. Meski sedih, semoga dia kuat menghadapi semuanya ini. Anggap saja sebagai bagian terbesar dari perjuangan hidup.

Selamat jalan bapak….Selamat menghadapi situasi ini tuk teman saya, semoga engkau kuat menghadapi peristiwa ini.

PA, 19/9/2012
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.