Halloween party ideas 2015

foto ilustrasi kantor pos pusat oleh Hirza
Setelah melewati beberapa tangga di depan pintu masuk kantor pos pusat, kami disambut seorang petugas satpam (satuan pengaman). Dengan senyum, ia menyapa kami, “Selamat siang dek,…mau apa?” 

“Mau mengirim surat pak…” balas saya. Teman saya tersenyum ketika saya menoleh ke arahnya. Lalu pak satpam menunjuk ke arah kiri, “Silakan cari loket nomor 9.”

Kebetulan saya mau mengirim surat ke rumah. Saya memilih paket pos kilat khusus. Saya dan teman saya melangkah menuju loket 9. Di situ kami bertemu petugas loket 9. Kebetulan dia wanita. Dia tersenyum ketika saya menyodorkan amplop surat saya. Rupanya di loket itu ada 2 kategori paket, paket kilat khusus dan ekspres. Petugas itu menanyakan paket yang saya pilih. Saya memilih kilat khusus.

Senyum merupakan sebuah bahasa tubuh yang membuat kita merasa dekat. Siapa pun pasti merasa dekat dan tersapa ketika lawan bicaranya tersenyum. Senyum di sini mengatasi segala-segalanya. Seorang cewek merasa senang ketika cowok di sampingnya tersenyum padanya dalam kendaraan. Demikian juga sebaliknya. Bahkan, yang berjenis kelamin sama juga akan senang ketika keduanya tersenyum. Singkatnya senyum membuat orang merasa dekat. Minimal merasa sudah kenal.

Pak Satpam tadi lebih dari sekadar senyum. Dia memberi petunjuk kepada pengunjung. Cara ini membuat pengunjung merasa tersapa dan tidak mengalami kebingungan. Di sana ada banyak orang entah mengirim surat, uang, paket kiriman, atau juga yang mengambil paket. Urusan cepat selesai ketika semuanya berjalan lancar. Peran petugas yang memberi petunjuk amat penting. Apalagi dalam sebuah kantor publik.

Amat jarang saya lihat petugas satpam memberi petunjuk kepada pengunjung. Selain di kantor pos pusat, saya pernah melihat di sebuah kantor BNI. Di bank ini petugas satpam beridir di pintu masuk. Sebelum memeriksa barang bawaan pengunjung, dia memberikan senyuman dan menyapa. Lalu, dia menanyakan apakah ada yang bisa dibantu. Dia akan memberi petunjuk untuk mencapai tempat/petugas yang dituju.

Tindakan ini (memberi petunjuk dan memberi senyum) sederhana. Namun, nilainya besar. Semoga semakin banyak petugas satpam yang tersenyum ketika menyapa pengunjung. Semoga banyak pengunjung merasa tersapa, dan meghormati tugas satpam di tempat umum seperti ini. Saya membalas memberi senyum dan mengucapkan terima kasih kepada petugas itu ketika kami keluar. Terima kasih Pak Satpam atas perjumpaan hari ini.

CPR, 9/12/2011
Gordi Afri

Post a Comment

Powered by Blogger.