Halloween party ideas 2015



Hari ini saya mau menyegarkan otak. Bukan berarti otak saya kemarin-kemarin tidak segar. Bukan! Saya mau mencari ide baru untuk berbagi cerita.

Nah hari ini kebetulan hari Minggu. Hari libur. Ya libur untuk instansi pemerintah. Sedangkan untuk aktivitas pribadi tidak ada yang namanya libur. Kecuali kalau berhalangan seperti sakit.

Salah satau hobi saya adalah mengisi Sudoku. Permainan menebak angka dengan jumlah kotak 9. Satu kotak berisi 9 kotak kecil yang harus diberi angka. Permainan ini cukup menyita waktu. Makanya, kalau saya tidak punya kesibukan lain, saya bermain sudoku.

Atau juga ketika menunggu di rumah sakit, terminal, bandara, dan sebagainya. Hampir setiap kali menjemput sahabat di bandara, saya membawa koran bekas yang ada sudokunya. Biasanya KOMPAS selalu ada sudokunya.

Hari ini saya mengisi 3 sudoku. Dari KOMPAS hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, hari ini. Saya puas luar biasa karena berhasil mengisi ketiganya. Ada 2 yang bintangnya 5. Satunya lagi bintang 2.

Jumlah bintang di bawah kotak menunjukkan tingkat kesulitan. Semakin besar jumlah bintangnya semakin tinggi tingkat kesulitannya. Bintang terbanyak biasanya 5. Ini yang sulit. Tetapi, saya sudah terbiasa mengisi sudoku sampai bintang besar seperti ini. Kadang-kadang berhasil, kadang-kadang gagal.

Inilah cara saya menyegarkan otak hari ini. Entah mengapa permainan ini memberi energi baru pada saya. Padahal kalau dipikir-pikir permainan ini menyita banyak perhatian. Kalau toh hasilnya muncul semangat baru, berarti, permainan ini sebenarnya memberi energi juga.

Butuh penelitian untuk melihat ini. Tetapi paling tidak bagi saya sendiri. Permainan ini memberi semangat baru.

Selamat sore kepada pembaca tulisan ini. Ini sekadar berbagi pengalaman mengisi sudoku saja. Untuk yang mau coba silakan mencari sudoku di harian KOMPAS bagian klasika.

PA, 17/2/13

Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.