Halloween party ideas 2015


Intip-mengintip adalah salah satu permainan anak kecil. Permainan ini sederhana. Asal berhasil mengintip, dialah pememangnya. Saking sederhananya, permainan ini pun tak membutuhkan apa-apa. Hanya memanfaatkan lahan atau ruangan yang bisa digunakan sebagai tempat persembunyian.

Permainan yang sederhana ini mengandung nilai perjuangan. Setiap pemain berjuang untuk bersembunyi. Dia akan mencari tempat yang tidak terlihat oleh temannya. Temannya bertugas untuk mencari tempat rahasia itu. Pekerjaan mencari juga butuh perjuangan. Maka, baik pencari maupun penyembunyi, anak yang bersembunyi, sama-sama berjuang. Mereka berjuang agar menang.

Menang jika berhasil menemukan yang tersembunyi. dan, di sinilah sulitnya pekerjaan mencari hingga menemukan. Menang juga berarti berhasil bersembunyi sampai pencarinya menyerah. Dia akan berteriak menyerah jika tidak bisa menemukan temannya. Dan di sinilah penyembunyi menang.

Permainan ini kiranya menggambarkan sisi perjuangan anak kecil. Anak kecil gemar berjuang. Mungkin karena usia muda jiwa perjuangannya tinggi. Makin menantang makin berjuang. Anak kecil memang ingin tahu, ingin berjuang, ingin menang. Keingintahuan ini yang membuatnya berjuang melampaui halangan yang dihadapinya. Bahkan, perjuangannya melampaui kekuatan fisiknya.

Meski permainan intip-mengintip ini mengandung nilai perjuangan, permainan ini juga sebenarnya bisa memupuk kebiasaan buruk. Orang suka bersembunyi. Bahkan suka menyembunyikan sesuatu. Bersembunyi dan berusaha agar yang lain tidak tahu. Objek yang disembunyikannya disimpan sedemikian rupa hingga hanya dia yang tahu.

Bersembunyi sebenarnya mengandung kebiasaan buruk yakni memanipulasi, menipu. Bersembunyi, jika berhasil dalam waktu lama, akan melahirkan tipuan. Menipu adalah dalih agar yang tersembunyi tetap tersembunyi.

Koruptor kiranya sering menggunakan mode ini. Atau juga orang kaya yang membuat laporan palsu tentang jumlah kekayaannya. Dia sebenarnya sedang menyembunyikan sebagian dari kekayaannya. Kalau disingkapkan pajak kekayaannya membengkak. Maka, cara menghindairnya adalah menyembunyikan sebagian kekayaannya. Nah, untuk mengelabui petugas yang menghitung kekayaannya, dia membuat laporan palsu. Cara ini kiranya tidak asing di telinga orang yang hidup dengan orang kaya. Dia kaya tetapi ternyata dia menipu, membuat laporan palsu, agar kekayaannya tetap aman.

Sepandai-pandainya menyembunyikan sesuatu, suatu saat akan terungkap. Koruptor yang menyimpan kekayaan, atau pengusaha yang memanipulasi jumlah pajaknya, suatu saat akan terungkap. Sebab, yang tersembunyi akan terkuak pada suatu saat.

Permainan intip-mengintip kiranya menjadi bahan pelajaran bahwa tidak selamanya yang tersembunyi akan tersembunyi. sepandai-pandainya menyembunyikan seuatu, sesuatu itu akan terungkap. Menyembunyikan sesuatu itu seperti menyembunyikan kentut. Meski tidak tahu siapa yang kentut, kentutnya tetap bau dan dihirup banyak orang. Maka, ada asap pasti ada api. Tinggal emncari sumber bara apinya, pasti akan tahu sumbernya.

PA, 24/6/13
Gordi

Post a Comment

Powered by Blogger.